Ciputra Entrepreneurship Center Gelar Entrepreneurship Boot Camp di Fiji

07 Apr 2017

Inovasi dan kreativitas suatu produk sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis dan cepat berubah. Selain itu, pengemasan dan teknik pemasaran produk yang menarik dan efektif agar selalu menjadi perhatian para usahawan yang ingin sukses di pasar. Materi entrepreneurship tersebut disampaikan tim ahli wirausaha Indonesia pada kegiatan Entrepreneurship Boot Camp: International Workshop on Entrepreneurship for Asia Pasific Phase III di Suva, Fiji tanggal 3 7 April 2017.

Kegiatan lokakarya tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Kerja Sama Teknik, Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan Ciputra Entrepreneurship Center yang didukung Kedutaan Besar RI di Suva, Fiji dan Kementerian Perempuan Fiji. Penyelenggaraan lokakarya tersebut merupakan fase terakhir dari rangkaian program peningkatan kapasitas kewirausahaan Kementerian Luar Negeri RI untuk peserta pelaku usaha di Fiji. Terdapat sekitar 19 peserta mengikuti lokakarya tersebut dengan menghadirkan 2 (dua) ahli kewirausahaan dari Ciputra Entrepreneurship Center.

Lokakarya ini dibuka secara resmi oleh Assistant Minister for Women, Children and Poverty, Honourable Mrs. Veena Bhatnagar, yang menyambut baik dan mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang melaksanakan kegiatan Lokakarya tersebut secara berkesinambungan. Sementara Kepala Fungsi Ekonomi Kedutaan Besar RI di Suva, mewakili Duta Besar RI, menyampaikan dukungan positif pelaksanaan kegiatan Lokakarya yang kiranya dapat memberikan masukan positif bagi pengembangan kegiatan bisnis di Fiji.

Program peningkatan kapasitas kewirausahaan ini telah dilaksanakan secara berkesinambungan sejak 2 tahun yang lalu. Kegiatan dimulai dengan lokakarya fase pertama pada bulan November 2015 dan dilanjutkan dengan lokakarya fase kedua pada bulan Maret 2016 yang keduanya diselenggarakan di Jakarta dan diikuti oleh peserta dari Fiji dan Indonesia. Konsep yang diangkat dalam program tersebut adalah inkubasi bisnis dengan tujuan untuk menanamkan jiwa kewirausahaan yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis.

Kegiatan Lokakarya tersebut juga diisi dengan pembimbingan langsung tim ahli ke sejumlah tempat usaha peserta (on-site mentoring) untuk memberikan masukan dan solusi atas kendala bisnis yang dihadapi. Selain itu, para tenaga ahli Ciputra Entrepreneursip Center juga akan berkesempatan memberikan kelas inspirasi dalam Seminar Government Entrepreneurship yang diikuti sekitar 30 peserta dari sejumlah kementerian di Fiji (diantaranya Kementerian Pertanian; Kementerian Perikanan; Kementerian Industri, Perdagangan dan Pariwisata; dan Kementerian Pendidikan) serta menjajaki pembentukan MoU kerja sama bidang entrepreneurship dengan Fiji National University dan tawaran kerjasama Kementerian Pendidikan Fiji untuk menyusun kurikulum kewirausahaan bagi para pegawai Pemerintahan Fiji. (Teks Boni Pramudya / Foto Kementerian Luar Negeri Indonesia)