Ciputra Entrepreneurship Center Gelar Pelatihan Bagi Seniman Indonesia

13 Jul 2017

Ciputra Entrepreneurship Center bekerja sama dengan Federasi Teater Indonesia menyelenggarakan program pelatihan entrepreneuship bagi para seniman muda Indonesia untuk mengasah inovasi. Tujuannya adalah menyiapkan para seniman muda agar karyanya bisa bersaing di industri seni baik nasional maupun internasional.

Program dengan tajuk "Artpreneurship Bootcamp 2017 ini  diadakan pada tanggal 10 14 Juli 2017 di Studio Jampang, Parung Bogor. Program ini diikuti oleh para seniman muda Indonesia di wilayah Jabodetabek dari berbagai sektor seni seperti seni teater, seni rupa, seni film, seni tari dan seni musik.

Program ini dimulai ketika Radhar Panca Dahana selaku Ketua Federasi Teater Indonesia (FTI) bertemu dengan Dr (HC) Ir Ciputra. Hasilnya, Pak Ciputra menganggap bahwa seniman Indonesia perlu dibekali dengan ilmu entrepreneurship. Kedua belah pihak kemudian menginisiasi sebuah program pelatihan yang fokus pada perpaduan antara entrepeneurship dan seni.

Entrepreneurship sangat diyakini Pak Ciputra akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, untuk itu pendidikan entrepreneurship perlu disebarluaskan ke seluruh elemen bangsa melalui CSR (Corporate Social Responsibility) utama Grup Ciputra. Keseriusan Grup Ciputra dalam menularkan jiwa entrepreneurship ke seluruh Indonesia ditunjukkan dengan berbagai program dan kegiatan yang dirintis dari tingkat pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi, serta disebarluaskan juga ke kalangan pemerintahan, akademisi, pebisnis, hingga kali ini merambah ke kalangan seniman Indonesia.
 
Materi progam pelatihan ini fokus beberapa aspek yaitu Entrepreneurship Ciputra Way, Opportunity Identification, Creativity &  Innovation, Blue Ocean Strategy, Customer Discovery, dan Art Management. Pelatihan ini juga menghadirkan mentor-mentor khusus yang merupakan maestro di dunia seni Indonesia yaitu Ratna Riantiarno, Renny Djajoesman dan Radhar Panca Dahana. Dengan pelatihan ini, diharapkan seniman Indonesia dapat berkarya dan mengembangkan seni Indonesia sampai ke kancah internasional.

(Teks dan Foto : Tim Ciputra Entrepreneurship Center)