Melihat Workshop Entrepreneurship Bagi Para Guru

09 Aug 2017

Dengan semangat entrepreneurship, Ciputra Entrepreneurship Center menyelenggarakan program pembekalan untuk para tenaga pendidik (edukator). Program ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta menyiapkan generasi milenial Indonesia yang unggul.

Kegiatan workshop sehari yang bertajuk “21st Century Education Model Workshop; Creativity based Teaching to Induce Students’ Innovative Mindset” ini diadakan pada 7-8 Agustus 2017 di Ciputra World 1, Jakarta. Program ini diperuntukan bagi para pengajar dan pendidik mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, hingga perguruan tinggi.

Entrepreneurship sangat diyakini oleh Bapak DR (HC). Ir. Ciputra merupakan solusi untuk masalah pengangguran dan kemiskinan sekaligus akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, sejauh pendidikan entrepreneurship tersebut disebarluaskan bagi bangsa sebagai bagian dari kurikulum pembelajaran di setiap jenjang. Keseriusan grup Ciputra dalam menularkan jiwa entrepreneur ke dalam setiap insan Indonesia ditunjukkan tidak hanya dengan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan mulai dari usia Sekolah Dasar hingga Perguruan tinggi, namun juga diberikan untuk kalangan pegawai pemerintahan, akademisi, pebisnis, hingga seniman.

Prof. Lindner berbagi pengalaman beliau dengan para peserta seminar terkait contoh dan “best practices” yang telah dilakukan di berbagai negara anggota Uni Eropa yang telah berhasil me”revolusi” sistem pendidikan mereka dan menjadikan pendidikan entrepreneurship sebuah kewajiban yang harus diajarkan diseluruh sekolah2 di kawasan Uni Eropa pada tahun 2020 nanti. Diharapkan bahwa setiap peserta sesi pembekalan kali ini akan pulang dengan sebuah model pemikiran baru untuk segera mengembangkan, mengujicoba serta mengeksekusi metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk diimplementasikan di setiap tingkatan sekolah sesuai dengan disiplin dan tingkat pengetahuan setiap peserta didik.

Masih terkait dengan kehadiran Prof. Johannes Lindner di Indonesia, kepiawaian beliau dibidang entrepreneurship yang sudah dikenal secara global juga akan dimanfaatkan dengan lebih optimal melalui sebuah kesempatan bagi beliau untuk berbicara di dalam Indonesia Development Forum pada tanggal 9 Agustus 2017 yang akan datang. Forum ini diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia, khususnya kementerian Bappenas dan mengambil tema “Memerangi Ketimpangan untuk Pertumbuhan Indonesia yang Lebih Baik”. Prof. Lindner akan berbagi informasi khususnya mengenai “Dampak dari Inklusi Keuangan dan Entrepreneurship Sosial terhadap Kesenjangan Ekonomi".

(Teks dan Foto oleh Tim Ciputra Entrepreneurship Center)