Merger Perkuat Posisi PT Ciputra Development Tbk Sebagai Perusahaan Properti Terintegrasi

20 Jan 2017

Hari ini menandainya dimulai perdagangan saham PT Ciputra Development Tbk pascamerger. Merger yang dilakukan CTRA dengan anak perusahaan PT Ciputra Surya dan PT Ciputra Property melalui pertukaran saham telah mendapatkan persetujuan pada RUPSLB pada tanggal 27 Desember 2016 dan Menteri Hukum dan HAM pada tanggal 18 Januari 2017.

“Merger akan memperkuat posisi CTRA sebagai salah satu perusahaan properti terintegrasi yang terbesar di Indonesia dengan kemampuan pengembangan properti dan pengelolaan aset sebanyak 76 proyek di 33 kota di seluruh Indonesia,” kata Candra Ciputra CEO Grup Ciputra.

Berdasarkan laporan penilaian independen dalam rangka merger, per 30 Juni 2016 NAV per share CTRA sebesar Rp 3.629. Adapun jumlah saham baru yang diterbitkan sebagai hasil konversi saham publik CTRS dan CTRP adalah sebanyak 3,1 miliar saham, sehingga total saham CTRA setelah merger akan menjadi 18,5 miliar saham. Dengan demikian market capitalization CTRA secara teoritis akan bertambah sekitar 20 persen.

Selama tahun 2016, CTRA mencatatkan marketing sales sebesar Rp 7,2 triliun, dengan tren nilai transaksi rata-rata per bulan meningkat signifikan, dari Rp 400 juta per bulan pada kuartal pertama menjadi sekitar Rp 800 juta pada kuartal keempat. CTRA optimistis peningkatan ini akan terus berlanjut seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dan dukungan regulasi pemerintah, khususnya di sektor properti yang semakin kondusif.

Selanjutnya di tahun 2017 ini, CTRA merencanakan untuk meluncurkan 6 proyek residensial baru dan memulai pembangunan 2 proyek komersial. Proyek-proyek tersebut terdiri dari Citra Plaza Jakarta, proyek mixed use apartemen dan kantor seluas 1,4 hektar, Ciputra World Jakarta 2 Extension – The Newton 2, apartemen dengan luas semi gross sekitar 30 ribu meter persegi, Citraland Cibubur seluas 86 hektar, Citra Plaza Batam, proyek mixed use seluas 4 hektar, Citraland Tallasa Makassar, seluas 116 hektar dan Sadana Bali, Ciputra Beach seluas 4 hektar. Sedangkan proyek komersial yang akan dibangun terdiri Ciputra Mall dan Yello Hotel di Citra Raya Tangerang. Dengan proyek ini, diharapkan marketing sales tahun 2017 bisa meningkat sekitar 15 persen. (Teks: Boni Pramudya, Foto: Edward Tjokro)